FAQ

Selalu ada saja rambut yang rontok ketika saya menyisir dan keramas. Apakah ini normal?

Setiap helai rambut memiliki siklus pertumbuhan, istirahat dan rontok. Kira-kira orang dewasa memiliki 100.000 helai rambut kepala, 85% diantaranya ada dalam fase pertumbuhan. Jika rambut yang rontok sekitar 30-50 helai per hari, kondisi ini masih dalam batas normal.

Apakah jika saya rajin keramas rambut saya akan menjadi lebih kuat dan cepat tumbuh?

Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh faktor fisik (seperti ketika sakit parah, perubahan berat badan drastis, kehamilan, gangguan tiroid, perubahan hormon) dan emosional tetapi tidak dipengaruhi oleh tindakan-tindakan terhadap batang rambut seperti keramas, mencukur, menyisir, mengeriting dan mewarnai rambut.

Apakah benar kalau saya sering menggunting rambut saya hingga botak, maka rambut yang akan tumbuh menjadi lebih hitam dan tebal?

Jenis rambut seseorang diturunkan secara genetik. Apakah rambut anda lurus atau keriting, helai rambut anda tipis atau tebal tentunya tidak dipengaruhi seberapa sering dan seberapa pendek anda menggunting rambut.

Apakah menggunakan hairdryer setiap hari memberi efek buruk terhadap rambut?

Penggunaan hairdryer dengan temperatur terlalu tinggi dan tarikan blow yang terlalu kuat menyebabkan tekstur rambut menjadi kering dan rapuh. Jika memungkinkan, hindari menggunakan hairdryer setiap hari.

Apakah kebotakan selalu karena keturunan?

Penyebab utama kebotakan pada pria dan wanita memang faktor genetis. Jika di dalam keluarga  ayah atau ibu ada yang memiliki riwayat kebotakan, maka Anda berpotensi mewarisi gen tersebut. Namun bukan berarti hanya itu satu-satunya penyebab.

Apakah ketombe menular jika saya memakai sisir orang lain?

Ketombe bukan penyakit menular dan tak bisa ditularkan lewat sisir.  Ketombe muncul akibat tumbuhnya jamur malassezia dalam jumlah abnormal akibat tumpukan sel kulit mati dan produksi sebum yang berlebih. Jamur malasezzia ini tidak menular.

Kulit kepala saya sering gatal dan berketombe. Jadi saya selalu memakai sampo antiketombe. Gatalnya berkurang tapi kulit kepala saya rasanya jadi semakin kering. Bagaimana mengatasinya ?

Kulit kepala gatal mungkin saja disebabkan oleh tumpukan serpihan sel kulit mati atau ketombe beserta dengan tumpukan minyak atau keringat di kulit kepala. Tapi perlu juga dicari penyebab lain, adakah infeksi parasit seperti kutu rambut, proses alergi atau eksema pada kulit kepala. Jika memang berketombe dan tidak ditemukan penyebab lain, sampo antiketombe merupakan pilihan yang sesuai. Bahan aktif antiketombe dalam sampo mungkin saja membuat kulit kepala menjadi lebih kering, karena itu perlu memilih sampo yang tidak saja mengandung zat antiketombe tapi dengan kombinasi vitamin, mineral dan nutrient yang sesuai dengan kebutuhan rambut. Pilihlah sampo antiketombe yang memiliki formula dengan moisturizer lebih banyak sehingga menjaga kulit kepala tidak kering.

Setiap hari saya harus keramas karena kalau tidak, kulit kepala dan rambut saya jadi sangat berminyak dan berketombe, dan lama-lama jadi rontok! Tapi kalau saya keramas setiap hari, kelihatannya rambut menjadi kering dan mudah patah. Bagaimana solusinya?

Jenis kulit kepala yang berminyak membutuhkan perawatan yang berbeda.  Pada kulit kepala yang berminyak, sel-sel kulit mati cenderung menumpuk lebih banyak dan lebih lama sehingga rambut terasa lebih lengket dan kusam. Karena kulit kepala merupakan landasan tumbuhnya rambut maka penting sekali memiliki kulit kepala yang sehat sehingga pertumbuhan rambut juga optimal.  Pada kasus ini, mengatasi rambut rontok dimulai dengan memperbaiki kondisi kulit kepala. Gunakan sampo yang sesuai, yang mampu membersihkan kulit kepala dari kotoran, residu kimia dan jamur penyebab umum ketombe serta mampu menutrisi kulit kepala sehingga menjaga pertahanan alami kulit kepala. Dengan paduan nutrisi untuk merawat kekuatan rambut dan kandungan moisturizer yang sesuai, rambut tidak akan kering dan mudah patah karena efek anti ketombe dalam sampo yang digunakan.

Berapa sering saya harus keramas?

Bergantung kepada kebutuhan. Keramas diperlukan untuk membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak dan residu bahan-bahan yang digunakan untuk perawatan rambut seperti hair spray, gel rambut. Jika aktivitas kita membuat kita banyak berkeringat atau setelah berenang, tentu kita perlu keramas. Namun sebaliknya jangan keramas hanya karena rutinitas,misalnya anggapan bahwa setiap kali mandi rambut saya harus basah. Terlebih lagi pada masa perawatan rambut setelah rontok, trauma mekanik karena terlalu sering keramas akan mempermudah rambut yang baru tumbuh untuk rontok lagi.

Apakah kulit kepala yang sehat pasti memberikan rambut yang indah?

Rambut yang indah adalah rambut yang sehat. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, diperlukan kulit kepala yang sehat. Namun perlakuan yang salah terhadap helai rambut dapat mengganggu potensi rambut menjadi indah walaupun kulit kepalanya sehat. Misalnya paparan bahan kimia, trauma fisik (panas, tarikan) berlebihan akibat tindakan perawatan dan kecantikan rambut.

Mengapa kondisi kesehatan kulit kepala menjadi kurang sehat?

Beberapa penyakit pada kulit kepala akan menyebabkan kondisi kulit kepala tidak sempurna seperti eksema, psoriasis, infeksi jamur, parasit, bakteri, kanker kulit.

Mengapa rambut menjadi mudah rontok, mudah patah, kering, dan kusam?

Rambut yang sehat berawal dari kulit kepala yang sehat. Seperti tanaman, akan tumbuh baik jika tanahnya subur.  Kulit kepala yang sehat akan mempengaruhi pertumbuhan dan kualitas tiap helai rambut. Akar rambut terletak di lapisan tengah kulit kepala. Jika kulit kepala bermasalah tentu tidak dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk pertumbuhan optimal batang rambut sehingga rambut mudah rontok, patah, kering dan kusam.

Bagaimana menjaga agar kulit kepala tetap sehat dan bebas masalah seperti ketombe?

Yang terutama adalah perawatan secara benar dan teratur.

  1. Menjaga kebersihan kulit kepala dari kotoran, keringat, minyak, tumpukan residu bahan-bahan kimia untuk perawatan dan rambut seperti hair spray, gel, mousse, dengan keramas secara teratur.
  2. Mengurangi sebanyak mungkin tindakan-tindakan mekanis yang dapat merusak fungsi kulit kepala sebagai pelindung seperti garukan, hair dryer, mengikat rambut terlalu kencang sepanjang hari.
  3. Hindari stres karena stres juga memicu munculnya ketombe
  4. Menjaga kecukupan asupan makanan yang sehat dan air minum.